Subscribe:

Rabu, 01 Februari 2012

Pembuatan PCB Secara Otomatis

Net adalah sekumpulan hubungan antara track, pad, dan via. Di lembar kerja TraxMaker, sebuah Net tampak sebagai sebuah garis tipis yang menghubungkan kaki-kaki setiap komponen yang ada di suatu rangkaian. Netlist adalah file teks dalam format ASCII yang berisi daftar komponen dan hubungan antara kaki komponen yang ada di suatu rangkaian. 

Pada umumnya dalam paket program aplikasi elektronika Netlist sangat dibutuhkan karena digunakan untuk mentransfer informasi rinci dari setiap hubungan antarkomponen dalam rangkaian yang telah digambar di program pembuat skema (dalam hal ini Circuit Maker). Informasi yang ada dalam file netlists ini akan diubah menjadi PCB secara otomatis oleh program pembuat PCB rangkaian (dalam hal ini TraxMaker). 

Netlists biasanya berisi dua jenis informasi: 

Daftar jenis dan kemasan komponen yang ada di rangkaian. 
Daftar semua hubungan kaki pin-kaki pin komponen. 

Memanggil File Netlist 

Sebelum kita dapat menggunakan format Netlist untuk diubah menjadi format PCB melalui program TraxMaker, kita harus lebih dulu membuka file suatu netlist lebih dahulu. File Netlist yang akan dibuka harus berekstensi .net. Kita dapat mamanggil (me-load) sebuah file netlist dan hanya ingin memanggil daftar komponennya saja atau hanya ingin memanggil netlist-nya saja tanpa daftar komponennya.

Untuk memanggil file Netlist, kita dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1.Pilih Menu  Netlist  dalam daftar menu pada lembar kerja TraxMaker.
2. ...

lebih lanjut silahkan Download aj

Download

0 komentar:

Posting Komentar